Kabar baik datang dari Gilang Tama Alfarizi, balita berusia 4 tahun yang sempat lama ‘tertidur’. Dokter di RSUD Deliserdang menyatakan, kini kondisi Gilang mulai membaik. Penyakit yang dialami warga Deliserdang ini mulai terdiagnosa.

“Kalau melihat situasi terakhir tadi dan laporan dokter yang merawat, banyak perbaikan,” kata dr Hanif Fahri, Direktur UPT RSUD Deli Serdang, Selasa (8/1).

Tanda-tanda membaik dari Gilang, terlihat dari reaksinya saat mendapat responrangsangan dari luar. “Tadi kita panggil namanya, kita gerakkan, kira tepuk tangan, dia sudah bereaksi,” ucap Hanif.

Dari hasil diagnosa, bocah malang putra semata wayang pasangan Sandi Syahputra, 25 dan Prili Mahdania, 24, itu mengalami penurunan kesadaran otak yang disebut meningoensefalitis dalam bahasa kedokteran. “Itu adalah suatu proses di mana kerusakan atau gangguan fungsi otak. Sehingga kondisi dia ada penurunan fungsi kesadaran,” jelasnya.

Diagnosa itu, ditegakkan berdasarkan berbagai pemeriksaan yang telah dilakukan tim medis. Mereka telah melakukan pemeriksaan menggunakan MRI, pemeriksaan lumbal, pemeriksaan otak, dan pemeriksaan lain di laboratorium.

“Memang sangat jelas dan ditegakkan dokter-dokter spesialis kita, didiagnosa sebagai meningoensefalitis. Tanda yang paling jelas adalah penurunan kesadaran, degradasi atau penurunan fungsi-fungsi syaraf atau fungsi-fungsi tubuh lainnya,” ungkapnya.

Seperti diberitakan, Gilang tidak bangun dari tidurnya sejak Senin (27/11). Padahal sebelumnya, putra semata wayang Sandi Syahputra, 25, dan Prili Mahdania, 24, warga Jalan Masjid II Gang Rukun, Desa Sekip Lubuk Pakam, Deli Serdang itu, itu dinyatakan bermain dengan lincah dan gembira.

Gilang sempat dirawat di RSUD Deli Serdang kemudian dirujuk ke RSUP H Adam Malik di Medan. Namun, belum sempat terdiagnosa, Gilang dibawa pulang.

Belakangan dia kembali dirawat di RSUD Deli Serdang. Tim medis di sana akhirnya mendiagnosa dia mengalami meningoensefalitis. Kondisinya dilaporkan membaik, dari mulai membuka mata hingga merespons rangsangan dari sekitarnya.

Hits: 287

Leave a reply