logo
  • Telepon
    (061)795-2068
  • Jalan Thamrin, Lubuk Pakam
    Kode Pos 20511

Fasilitas Ruang IPI

Saat ini RSUD Deli Serdang menyediakan 15 bed (tempat tidur) khusus untuk pasien-pasien kritis yang memerlukan penanganan intensif dan khusus. IPI ini dilengkapi dengan peralatan canggih dan fasilitas khusus.

Sarana prasaran dan peralatan yang ada di ruang IPI RSUD Deli Serdang antara lain adalah :

    1. Patient Monitor.

    Patient monitor adalah alat kesehatan yang berfungsi untuk memonitor kondisi kesehatan pasien secara realtime, sehingga dapat diketahui kondisi fisiologis dan tanda vital pasien saat itu juga. Data fisiologis pasien ditampilkan pada layar monitor berupa LCD atau CRT secara terus menerus. Parameter yang dimonitor antara lain detak jantung, tekanan darah, irama nafas dan jantung, kadar oksigen dalam darah, suhu tubuh, grafik EKG dan sebagainya.

    2. Ventilator

    Medical ventilator adalah alat medis yang dirancang untuk menggantikan sebagian atau seluruh kerja paru-paru, dengan cara memberikan pernapasan secara otomatis kepada pasien yang tidak dapat bernafas, atau kesulitan bernafas. Sehingga bisa mendukung ventilasi udara untuk mempertahankan fungsi pernapasan pasien.

    3. Syringe Pump

    Syringe Pump digunakan untuk memasukkan cairan atau obat ke dalam tubuh pasien dalam dosis tertentu dan dalam jangka waktu tertentu secara teratur melalui jarum suntik. Syringe pump menggunakan sistem elektronik mikroprosesor yang berfungsi untuk mengontrol dalam pemberian jumlah cairan ke dalam tubuh pasien. Jumlah cairan yang masuk menggunakan hitungan per jam dan dilengkapi sensor serta alarm yang berbunyi untuk menghentikan sistem pompa saat dosis dan waktu yang telah ditentukan habis.

    4. DC Shock Defiblirator

    Alat ini berfungsi untuk mengalirkan energi kejut listrik ke jantung sebagai upaya untuk menginduksi denyut jantung seseorang dalam kondisi emergency. Alat ini memberikan stimulus energi kejut listrik dengan kadar tertentu yang dibarengi dengan tindakan CPR, sehingga diharapkan bisa membuat irama detak jantung kembali normal.

    Jenis Ruangan pada perawatan intensive yaitu :

    1. ICU (Intensive Care Unit)

    Merupakan ruang khusus untuk pasien krisis yang memerlukan perawatan intensif dan observasi berkelanjutan.

    2. HCU (High Care Unit)

    Merupakan ruang perawatan pasien ICU yang dianggap sudah menunjukkan perbaikan tetapi masih dalam pengawasan ketat.

    3. ICCU ( Intensif Coronary Care Unit )

    Merupakan unit perawatan intensif untuk penyakit jantung, terutama penyakit jantung koroner, serangan jantung, gangguan irama jantung yang berat, gagal jantung.

    4. PICU (Pediatric Intensive Care Unit)

    Merupakan unit perawatan intensif untuk pasien Anak

    5. NICU (Neonatal Intensive Care Unit)

    Merupakan ruangan yang melayani perawatan pasien kritis bayi baru lahir

Hits: 1651

Hits: 1651

Lanjutkan
Registrasi Pendaftaran Rawat Jalan
Salam Sehat.
Anda mau mendaftar rawat jalan via WhatsApp ?
Skip to content